Selasa, 10 Januari 2017

Pertanyaan Ujian Akhir Semester

1. Bagaimana media sosial berpengaruh terhadap bidang public relations/Advertising?
2. Hal apa yang menurut anda paling bermanfaat yang telah anda pelajari di mata kuliah komunikasi multimedia dan berikan alasannya?
3. Bagaimana anda akan menerapkan pengetahuan yang diperoleh di komunikasi multimedia di kehidupan anda?

Jawaban

         1.  Dunia Public Relation pada saat ini tidak bisa lepas dari peran multimedia, seperti diketahui bersama kemajuan zaman sangat menuntut peran para Humas untuk dapat mengikutinya, demi kemajuan perkembangan perusahaan. Humas dalam perusahaan berperan sebagai penghubung antara perusahaan dan dunia luar termasuk dalam proses promosi produk-produk yang dihasilkan dan juga penghubung antar perusahaan dengan masyarakat jika terjadi permasalahan. Penerapkan multimedia di perusahaan yang menonjol tertuju pada aktivitas pemasaran, khususnya ativitas promosi. Aktivitas promosi meliputi periklanan, promosi penjualan, perjualan perseorangan, public relation dan penjualan langsung termasuk penjualan lewat internet. Praktisi PR pada akhirnya harus update dengan teknologi terbaru. Mereka harus terus mengikuti perkembangan teknologi. Bila sekarang sedang tren Twitter, maka mereka harus terjun ke dalamnya biar mengerti bagaimana sebenarnya Twitter itu. Apa yang bisa dilakukan, aplikasi apa saja yang ada di Twitter yang bisa mendukung pekerjaan mereka.
Selain itu, Praktisi PR juga wajib adaptif terhadap perkembangan media social seperti Facebook, twitter dan media social lainnya diantaranya memahami apa beda Profile Page, Fans Page, Groups, dan Causes di Facebook, termasuk memantau perkembangan yang sangat pesat. Fans Page Facebook misalnya, terus menerus mengalami perubahan dan perbaikan yang bermanfaat untuk komunikasi merek. Pada saat yang sama praktisi PR juga perlu memahami aplikasi Facebook yang juga berkembang sangat cepat. Dengan memahami teknologi ini, praktisi PR diharapkan memahami implikasi aplikasi baru tersebut terhadap perusahaan dan merek yang ditangani. Selain itu, pemahaman user behavior lokal mutlak diperlukan untuk membangun strategi Public Relation di dunia maya dengan target konsumen Indonesia. Dengan demikian, secara praktis hal tersebut membuat kerja praktisi PR masa kini mengalami perubahan yang sangat luar biasa. PR masa kini bukan hanya harus cerdas berhubungan dengan influencer, termasuk media, tetapi juga dituntut untuk fasih berhubungan langsung dengan konsumen. Dan kita semua paham, karakter konsumen maya sudah pasti tidak sama dengan karakter jurnalis, media atau industri media, atau karakter medium dan influencer lain.
 
2.  Hal yang sangat bermanfaat menurut saya selama saya belajar komunikasi multimedia adalah dengan mempelajari komunikasi multimedia saya dapat lebih mengetahui tentang kemajuan teknologi khususnya dunia media sosial yang sedang menjadi viral dan dewasa ini sangat membantu kita sebagai mahasiswa untuk mempermudah kita mendapatkan informasi dan pengetahuan.
 
3.   Dengan cara memanfaatkan akses internet dan kemajuan teknologi yang ada, untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan, mencari berita berita dan info info yang positif yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar